OTO RHINO LARYNGOLOGY

Sabtu, 07 Juni 2008

Tonsilitis

Tonsillitis adalah suatu peradangan pada tonsil (atau biasa disebut amandel) yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun hampir 50% kasus tonsilitis adalah karana infeksi. Tonsilitis akut sering dialami oleh anak dengan insidensi tertinggi pada usia 5-6 tahun, dan juga pada orang dewasa di atas usia 50 tahun. Seseorang terpredisposisi menderita tonsillitis jika memiliki resistensi yang rendah, memiliki tonsil dengan kondisi tidak menguntungkan akibat tonsilitis berulang sebelumnya, sebagai bagian dari radang tenggorok (faringitis) secara umum, atau sekunder terhadap infeksi virus (biasanya adenovirus yang menyebabkan tonsil menjadi mudah diinvasi bakteri).
Manifestasi klinik yang mungkin timbul pada tonsilitis sangat bervariasi untuk tiap penderita, diantaranya rasa mengganjal atau kering di tenggorokan, nyeri tenggorok (sore throat) rasa haus, malaise, demam, menggigil, nyeri menelan (odinofagia), gangguan menelan (disfagia), nyeri yang menyebar ke telinga, pembengkakan kelenjar getah bening regional, perubahan suara, nyeri kepala, ataupun nyeri pada bagian punggung dan lengan.
Diagnosis dari tonsilitis akut atau berulang ditegakkan terutama berdasarkan manifestasi klinis. Meskipun demikian prosedur kultur dan resistensi bakterial sangat dianjurkan. Hal ini berkaitan dengan ditemukannya jenis bakteri Streptokokus beta hemolitikus grup A pada 40% kasus, di mana tonsilitis yang terjadi sekunder terhadap bakteri ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup berat. Jenis bakteri lain yang juga dapat ditemukan, antara lain: streptokokus alfa dan gama, difteroid, stafilokokus aureus, dan haemofilus influenza. Di samping itu bakteri anaerob juga telah ditemukan pada permukaan dan poros tonsil, terutama grup bakteroides melaninogenikus.
Meskipun kebanyakan kasus tonsilitis dapat sembuh dengan penanganan konvensional, seperti istirahat (bedrest), asupan makanan yang baik, penurun panas (antipiretik), di mana tanpa pemberian antibiotik, tonsilitis biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Adapun pemberian antibiotik dalam kasus seperti ini, umumnya ditujukan untuk mengurangi episode penyakit dan lamanya gejala yang diderita seperti nyeri tenggorok, demam, nyeri kepala, ataupun pembengkakan kelenjar getah bening. Antibiotika sendiri menjadi indikasi jika pada pemeriksaan kultur dan resistensi ditemukan bakteri Streptokokus beta hemolitikus grup A, dengan tujuan mengeradikasi kuman dan mencegah komplikasi lebih lanjut.
Beberapa komplikasi yang mungkin timbul akibat tonsillitis akut atau berulang, di antaranya:
1. Abses peritonsilar (quinsy) : Biasanya timbul pada pasien dengan tonsillitis berulang atau kronis yang tidak mendapat terapi yang adekuat.
2. Abses parafaringeal : Timbul jika infeksi atau pus (cairan abses) mengalir dari tonsil atau abses peritonsilar melalui otot konstriktor superior, sehingga formasi abses terbentuk di antara otot ini dan fascia servikalis profunda. Komplikasi ini berbahaya karena terdapat pada area di mana pembuluh darah besar berada dan menimbulkan komplikasi serius.
3. Abses retrofaringeal : Keadaan ini biasanya disertai sesak nafas (dyspnea), ganggaun menelan, dan benjolan pada dinding posterior tenggorok, dan bisa menjadi sangat berbahaya bila abses menyebar ke bawah ke arah mediastinum dan paru-paru.
4. Adenitis servikalis supuratif
5. Tonsilolith : Tonsilolith adalah kalkulus di tonsil akibat deposisi kalsium, magnesium karbonat, fosfat, dan debris pada kripta tonsil membentuk benjolan keras. Biasanya menyebabkan ketidaknyamanan, bau mulut, dan ulserasi (ulkus bernanah).
6. Kista tonsil : Umumnya muncul sebagai pembengkakan pada tonsil berwarna putih atau kekuningan sebagai akibat terperangkapnya debris pada kripta tonsil oleh jaringan fibrosa.
7. Komplikasi sistemik : Kebanyakan komplikasi sistemik terjadi akibat infeksi Streptokokus beta hemolitikus grup A. Di antaranya: radang ginjal akut (acute glomerulonephritis), demam rematik, dan bakterial endokarditis yang dapat menimbulkan lesi pada katup jantung.

Penanganan tonsillitis bisa sangat bervariasi tergantung dari perjalanan penyakitnya sendiri, mulai dari penanganan konvensional hingga tindakan pembedahan seperti tonsilektomi dan adenoidektomi. Jika pun keputusan pembedahan yang diambil, maka harus berdasarkan indikasi yang jelas dan telah mempertimbangkan cost/benefit ratio dari tindakan tersebut, selain itu telah diperhitungkan komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa indikasi untuk tonsilektomi/adenoidektomi antara lain: tonsillitis rekuren atau kronis dengan kriteria yang telah ditentukan, difteria yang tidak berespon terhadap terapi medikamentosa, demam rematik, tonsillitis yang berkaitan dengan infeksi telinga tengah atau sinusitis maksilaris, formasi abses, obstruksi jalan napas, dugaan keganasan tonsil, dan lain sebagainya.

29 komentar:

atha mengatakan...

nice info...
artikelnya sangat membantu bagi orang awam seperti saya..
terima kasih....

zoomyadam mengatakan...

Propolis adalah antibiotika alami (antivirus, anti bakteri, dan anti jamur) yang efektif untuk penyakit-penyakit bersifat infectious (DBD, herpes, dll) dan Non-infectious (hipertensi, jantung, kanker dll) . Aman dan tidak ada efek samping.

Propolis dihasilkan oleh lebah dan kaya Bioflavonoids, 16 rantai asam amino esensial, Vitamin & Mineral. Selengkapnya bisa anda kunjungi obatpropolis

Semoga bermanfaat
Rahmah
obatpropolis.com

Blackersz mengatakan...

7 Icons | Biodata 7 Icons
Teknik Dasar Bola BasketSenam Aerobik
Pengertian Pertandingan dan Perlombaan
Latihan Daya Tahan
Latihan Daya Tahan
Multistage Fitness Test (MFT)
Contoh Permainan dalam Penjas
Pembelajaran Meroda Pada Senam
Pengertian Senam

Blackersz mengatakan...

Tas Gunung
- Artikel Penjas
- Surat Lamaran
- Sirkuit Trainning
- Contoh RPP
- Olahraga Saat Puasa
- Status Gizi
- Iso 9001
- Organisasi Olahraga
- Fungsi Pendidikan
- Bola Voli
- Sarana Prasarana
- Darftar Riwayat Hidup
- Lomp[at Jauh
- Minat
- Mengecilkan Perut
- Tes Balke
- Lari 300 M
- Rangkaian Tes
- Tes Buta Warna
- Pantangan Ibu Hamil

77 mengatakan...

sakit kepala terus menerus,setelah sakit filek dan batuk berdahak.diakibatkan karna ap dok? masalahnya tiap x mau nelen tenggorakan sy sakit,nah sakitnya sampai ke kepala.bahkan smpai sy buang reak/ dahak smpe berkali2 masih aj sakit.di kuping seperta ad yang nutup.sdikit budek gtu dokter.sy minta solusinya gimana caranya dok...trimakasih.endar

Basri Najib Abdullah mengatakan...

artikelnya sangat membantu bro,saya bisa lebih memahami penyakit tonsilitis.
http://healthynesia.blogspot.com
http://blogonasis.blogspot.com
http://obatnaturals.blogspot.com

Basri ,Abdullah mengatakan...

Infonya maknyusss bro
salam sukses
pedoman diabetes

Usaha Ini mengatakan...

nice post..

Mampir ya buat yg lagi cari produk2 kesehatan.
usahaini.blogspot.com
Usahaini.com

Aryanto mengatakan...

nitip backlink pa dokter
obat penyakit asam urat

medis

BASRI ABDULLAH mengatakan...

Saya juga sering mengalami keluhan nyeri saat menelan disertai batuk, apakah itu gejala tonsilitis dok ?
Pustu Sungai Baung

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil amerika

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Mesin Mobil

sukses selalu

ferry lazzuardo mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!mesin mobil

ferry lazzuardo mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Isuzu Panther Bekas

kurniawan mengatakan...



terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

sukses selalu

nanda mengatakan...


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Nidji


kiki norfiyanti mengatakan...

radang amandel perlu operasi gak ya bung?

Basri Abdullah mengatakan...

Makasih Informasinya dokter
http://indodiabetes.blogspot.com

Neng ikeu1 mengatakan...

Tolong janganlah menyuruh aku untuk berubah, karena aku bukan satria baja hitam RX. Thanks infonya . .
Jual Obat-Obatan Pelangsing Tubuh

amalia sintashop mengatakan...

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN

OBAT PENGGUGUR JANIN

OBAT TELAT BULAN

OBAT ABORSI

obat herbal glaukoma mengatakan...

sangat bermanfaat
Obat Herbal Tulang Keropos Obat Herbal Amandel Kronis Tanpa Operasi Obat Herbal Vertigo Akut Obat Herbal Glaukoma Obat Herbal Varises Obat Herbal Kanker Usus Halus Obat Herbal Alzheimer Paling Ampuh Obat Herbal Epilepsi Obat Herbal Sipilis Obat Herbal Pasca Stroke Obat Herbal Kanker Hati Obat Herbal Meningitis Obat Herbal Untuk Penyakit Faringitis Suplemen Pemutih Wajah Obat Herbal Bopeng Di Wajah

obat herbal lupus mengatakan...

cara alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit secara alami
Obat Herbal Kanker Otak Tanpa Operasi Obat Herbal Tetanus Tradisional Obat Herbal Campak Obat Herbal Lupus Obat Herbal Paru-Paru Basah Obat Herbal Kaki Gajah Bengkak Obat Herbal Asam Lambung Kronis Paling Ampuh

obat herbal fistula ani mengatakan...

cara mengatasi penyakit fistula ani secara alami
Obat Herbal Fistula Ani

Herbal Radang_Tenggorokan mengatakan...

terima kasih infonya,,,,sangat bermanfaat.

agaricpro mengatakan...

Obat asam urat is a drug that is much sought after by women and men over the age of 30 years, as many are affected by gout. Even now under the age of 30 years have been exposed to acute uric acid. If the disease is severe will result in the joints can not move. But you need not worry, because now it appears obat asam urat. Traditional obat asam urat is one of the traditional Obat asam urat nutritious high uric acid and obat asam urat potent naturally from the first. Not only can be used for obat asam urat, but it can also treat high cholesterol. If you are looking for a obat asam urat, here the place to sell Obat Asam Urat. About little discussion of obat asam urat, obat asam urat is best obat asam urat without chemicals. If you are bored with chemical drugs, do not worry because this is the obat asam urat without chemicals. Our products sell best obat asam urat. Many are already using obat asam urat and give a positive testimony. Obat asam urat best of the best

Jaya Permana mengatakan...

Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

Voz Audio mengatakan...

Arikel yang bagus... trims
Pintu Harmonika
Camilan Malang
Catering Malang
Barang Bekas

Basri Abdullah mengatakan...

Anda tertarik menggunakan jasa logistic yang terpercaya di Indonesia? Kami sarankan untuk memakai jasa PT IMS logistics merupakan jasa logistic yang real memberikan solusi untuk urusan logistic. Layanannya ramah, professional dan memiliki komitmen tinggi untuk memberikan layanan yang paripurna dan memuaskan konsumen untuk lebih lengkapnya baca di Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia, oh ya bagi Anda yang mau ikutan ujian nasional dan memerlukan pensil 2b, hati-hati ya memilih pensil 2b siapa tahu palsu dan tidak berkualitas, gunakan saja pensil staedtler 2b yang terbukti keasliannya, bukankah ada harga ada kualitas? Jadi jangan tergiur dengan harga yang murah tapi utamakan kualitas. Ngerti oran bro? Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak, Anak susah makan? Tenang dan jangan panik ya bunda, karena sekarang ada multivitamin yang manjur dan cocok banget untuk mengatasi anak yang susah makan dan juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan Anak nama produknya Laperma platinum, bahan-bahannya alami loh bunda ada madu, sari ikan salmon, temulawak dan temu ireng yang sangat baik untuk stimulasi pada anak yang menderita anoreksia untuk informasi lengkapnya coba lihat di Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum, dapatkan produknya di apotik, took aobat dan supermarket terdekat.Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota

Rani mengatakan...

gatal | denature | obat | eko priyanto | eko priyanto | kutil kelamin | denature | wasir | denature | obat herbal | denature | wasir | kemaluan keluar nanah | eko priyanto | sipilis | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | obat kutil | kutil kelamin