OTO RHINO LARYNGOLOGY

Sabtu, 07 Juni 2008

Tonsilitis

Tonsillitis adalah suatu peradangan pada tonsil (atau biasa disebut amandel) yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun hampir 50% kasus tonsilitis adalah karana infeksi. Tonsilitis akut sering dialami oleh anak dengan insidensi tertinggi pada usia 5-6 tahun, dan juga pada orang dewasa di atas usia 50 tahun. Seseorang terpredisposisi menderita tonsillitis jika memiliki resistensi yang rendah, memiliki tonsil dengan kondisi tidak menguntungkan akibat tonsilitis berulang sebelumnya, sebagai bagian dari radang tenggorok (faringitis) secara umum, atau sekunder terhadap infeksi virus (biasanya adenovirus yang menyebabkan tonsil menjadi mudah diinvasi bakteri).
Manifestasi klinik yang mungkin timbul pada tonsilitis sangat bervariasi untuk tiap penderita, diantaranya rasa mengganjal atau kering di tenggorokan, nyeri tenggorok (sore throat) rasa haus, malaise, demam, menggigil, nyeri menelan (odinofagia), gangguan menelan (disfagia), nyeri yang menyebar ke telinga, pembengkakan kelenjar getah bening regional, perubahan suara, nyeri kepala, ataupun nyeri pada bagian punggung dan lengan.
Diagnosis dari tonsilitis akut atau berulang ditegakkan terutama berdasarkan manifestasi klinis. Meskipun demikian prosedur kultur dan resistensi bakterial sangat dianjurkan. Hal ini berkaitan dengan ditemukannya jenis bakteri Streptokokus beta hemolitikus grup A pada 40% kasus, di mana tonsilitis yang terjadi sekunder terhadap bakteri ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup berat. Jenis bakteri lain yang juga dapat ditemukan, antara lain: streptokokus alfa dan gama, difteroid, stafilokokus aureus, dan haemofilus influenza. Di samping itu bakteri anaerob juga telah ditemukan pada permukaan dan poros tonsil, terutama grup bakteroides melaninogenikus.
Meskipun kebanyakan kasus tonsilitis dapat sembuh dengan penanganan konvensional, seperti istirahat (bedrest), asupan makanan yang baik, penurun panas (antipiretik), di mana tanpa pemberian antibiotik, tonsilitis biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Adapun pemberian antibiotik dalam kasus seperti ini, umumnya ditujukan untuk mengurangi episode penyakit dan lamanya gejala yang diderita seperti nyeri tenggorok, demam, nyeri kepala, ataupun pembengkakan kelenjar getah bening. Antibiotika sendiri menjadi indikasi jika pada pemeriksaan kultur dan resistensi ditemukan bakteri Streptokokus beta hemolitikus grup A, dengan tujuan mengeradikasi kuman dan mencegah komplikasi lebih lanjut.
Beberapa komplikasi yang mungkin timbul akibat tonsillitis akut atau berulang, di antaranya:
1. Abses peritonsilar (quinsy) : Biasanya timbul pada pasien dengan tonsillitis berulang atau kronis yang tidak mendapat terapi yang adekuat.
2. Abses parafaringeal : Timbul jika infeksi atau pus (cairan abses) mengalir dari tonsil atau abses peritonsilar melalui otot konstriktor superior, sehingga formasi abses terbentuk di antara otot ini dan fascia servikalis profunda. Komplikasi ini berbahaya karena terdapat pada area di mana pembuluh darah besar berada dan menimbulkan komplikasi serius.
3. Abses retrofaringeal : Keadaan ini biasanya disertai sesak nafas (dyspnea), ganggaun menelan, dan benjolan pada dinding posterior tenggorok, dan bisa menjadi sangat berbahaya bila abses menyebar ke bawah ke arah mediastinum dan paru-paru.
4. Adenitis servikalis supuratif
5. Tonsilolith : Tonsilolith adalah kalkulus di tonsil akibat deposisi kalsium, magnesium karbonat, fosfat, dan debris pada kripta tonsil membentuk benjolan keras. Biasanya menyebabkan ketidaknyamanan, bau mulut, dan ulserasi (ulkus bernanah).
6. Kista tonsil : Umumnya muncul sebagai pembengkakan pada tonsil berwarna putih atau kekuningan sebagai akibat terperangkapnya debris pada kripta tonsil oleh jaringan fibrosa.
7. Komplikasi sistemik : Kebanyakan komplikasi sistemik terjadi akibat infeksi Streptokokus beta hemolitikus grup A. Di antaranya: radang ginjal akut (acute glomerulonephritis), demam rematik, dan bakterial endokarditis yang dapat menimbulkan lesi pada katup jantung.

Penanganan tonsillitis bisa sangat bervariasi tergantung dari perjalanan penyakitnya sendiri, mulai dari penanganan konvensional hingga tindakan pembedahan seperti tonsilektomi dan adenoidektomi. Jika pun keputusan pembedahan yang diambil, maka harus berdasarkan indikasi yang jelas dan telah mempertimbangkan cost/benefit ratio dari tindakan tersebut, selain itu telah diperhitungkan komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa indikasi untuk tonsilektomi/adenoidektomi antara lain: tonsillitis rekuren atau kronis dengan kriteria yang telah ditentukan, difteria yang tidak berespon terhadap terapi medikamentosa, demam rematik, tonsillitis yang berkaitan dengan infeksi telinga tengah atau sinusitis maksilaris, formasi abses, obstruksi jalan napas, dugaan keganasan tonsil, dan lain sebagainya.

67 komentar:

Unknown mengatakan...

nice info...
artikelnya sangat membantu bagi orang awam seperti saya..
terima kasih....

zoomyadam mengatakan...

Propolis adalah antibiotika alami (antivirus, anti bakteri, dan anti jamur) yang efektif untuk penyakit-penyakit bersifat infectious (DBD, herpes, dll) dan Non-infectious (hipertensi, jantung, kanker dll) . Aman dan tidak ada efek samping.

Propolis dihasilkan oleh lebah dan kaya Bioflavonoids, 16 rantai asam amino esensial, Vitamin & Mineral. Selengkapnya bisa anda kunjungi obatpropolis

Semoga bermanfaat
Rahmah
obatpropolis.com

Blackersz mengatakan...

7 Icons | Biodata 7 Icons
Teknik Dasar Bola BasketSenam Aerobik
Pengertian Pertandingan dan Perlombaan
Latihan Daya Tahan
Latihan Daya Tahan
Multistage Fitness Test (MFT)
Contoh Permainan dalam Penjas
Pembelajaran Meroda Pada Senam
Pengertian Senam

Blackersz mengatakan...

Tas Gunung
- Artikel Penjas
- Surat Lamaran
- Sirkuit Trainning
- Contoh RPP
- Olahraga Saat Puasa
- Status Gizi
- Iso 9001
- Organisasi Olahraga
- Fungsi Pendidikan
- Bola Voli
- Sarana Prasarana
- Darftar Riwayat Hidup
- Lomp[at Jauh
- Minat
- Mengecilkan Perut
- Tes Balke
- Lari 300 M
- Rangkaian Tes
- Tes Buta Warna
- Pantangan Ibu Hamil

77 mengatakan...

sakit kepala terus menerus,setelah sakit filek dan batuk berdahak.diakibatkan karna ap dok? masalahnya tiap x mau nelen tenggorakan sy sakit,nah sakitnya sampai ke kepala.bahkan smpai sy buang reak/ dahak smpe berkali2 masih aj sakit.di kuping seperta ad yang nutup.sdikit budek gtu dokter.sy minta solusinya gimana caranya dok...trimakasih.endar

BASRI.D.S.Kep mengatakan...

artikelnya sangat membantu bro,saya bisa lebih memahami penyakit tonsilitis.
http://healthynesia.blogspot.com
http://blogonasis.blogspot.com
http://obatnaturals.blogspot.com

BASRI.D.S.Kep mengatakan...

Infonya maknyusss bro
salam sukses
pedoman diabetes

Unknown mengatakan...

nice post..

Mampir ya buat yg lagi cari produk2 kesehatan.
usahaini.blogspot.com
Usahaini.com

Aryanto mengatakan...

nitip backlink pa dokter
obat penyakit asam urat

medis

BASRI.D.S.Kep mengatakan...

Saya juga sering mengalami keluhan nyeri saat menelan disertai batuk, apakah itu gejala tonsilitis dok ?
Pustu Sungai Baung

Unknown mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil amerika

Unknown mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Mesin Mobil

sukses selalu

Anonim mengatakan...


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Nidji


Sewa Motor Jogja 081213359726 mengatakan...

radang amandel perlu operasi gak ya bung?

BASRI.D.S.Kep mengatakan...

Makasih Informasinya dokter
http://indodiabetes.blogspot.com

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat
Obat Herbal Tulang Keropos Obat Herbal Amandel Kronis Tanpa Operasi Obat Herbal Vertigo Akut Obat Herbal Glaukoma Obat Herbal Varises Obat Herbal Kanker Usus Halus Obat Herbal Alzheimer Paling Ampuh Obat Herbal Epilepsi Obat Herbal Sipilis Obat Herbal Pasca Stroke Obat Herbal Kanker Hati Obat Herbal Meningitis Obat Herbal Untuk Penyakit Faringitis Suplemen Pemutih Wajah Obat Herbal Bopeng Di Wajah

Anonim mengatakan...

cara alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit secara alami
Obat Herbal Kanker Otak Tanpa Operasi Obat Herbal Tetanus Tradisional Obat Herbal Campak Obat Herbal Lupus Obat Herbal Paru-Paru Basah Obat Herbal Kaki Gajah Bengkak Obat Herbal Asam Lambung Kronis Paling Ampuh

Anonim mengatakan...

cara mengatasi penyakit fistula ani secara alami
Obat Herbal Fistula Ani

Unknown mengatakan...

terima kasih infonya,,,,sangat bermanfaat.

Unknown mengatakan...

Arikel yang bagus... trims
Pintu Harmonika
Camilan Malang
Catering Malang
Barang Bekas

BASRI.D.S.Kep mengatakan...

Anda tertarik menggunakan jasa logistic yang terpercaya di Indonesia? Kami sarankan untuk memakai jasa PT IMS logistics merupakan jasa logistic yang real memberikan solusi untuk urusan logistic. Layanannya ramah, professional dan memiliki komitmen tinggi untuk memberikan layanan yang paripurna dan memuaskan konsumen untuk lebih lengkapnya baca di Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia, oh ya bagi Anda yang mau ikutan ujian nasional dan memerlukan pensil 2b, hati-hati ya memilih pensil 2b siapa tahu palsu dan tidak berkualitas, gunakan saja pensil staedtler 2b yang terbukti keasliannya, bukankah ada harga ada kualitas? Jadi jangan tergiur dengan harga yang murah tapi utamakan kualitas. Ngerti oran bro? Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak, Anak susah makan? Tenang dan jangan panik ya bunda, karena sekarang ada multivitamin yang manjur dan cocok banget untuk mengatasi anak yang susah makan dan juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan Anak nama produknya Laperma platinum, bahan-bahannya alami loh bunda ada madu, sari ikan salmon, temulawak dan temu ireng yang sangat baik untuk stimulasi pada anak yang menderita anoreksia untuk informasi lengkapnya coba lihat di Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum, dapatkan produknya di apotik, took aobat dan supermarket terdekat.Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota

Heni Herbal mengatakan...

Information sites thatare by this one always charging a good impression thanks .
Cara Mengobati Stroke Berat Terbaik
Resep Obat Tradisional Asam Urat
Cara Mengobati Cedera Tulang Belakang
Pengobatan Alami Untuk Sembuhkan Hipertiroid
Cara Mengobati Osteoarthritis Secara Alami

Heni Herbal mengatakan...

So very interesting and good information that you provide on this Friday thanks.
Ahlinya Obat Ambeien
Cara Alami Mengobati Penyakit Gondok Tanpa Operasi
Cara Alami Menguruskan Badan Dengan Cepat
Obat Herbal Tulang Keropos
Cara Mengatasi Kegemukan Yang Alami

Juang Patlima mengatakan...

ini adalah halaman yang sangat luar biasa senang bisa berada dihalaman anda.
Pengobatan Maag Kronis Secara Alami
Pengobatan Sinusitis Secara Alami

nunung fitri mengatakan...


Thanks for the information. I'm glad to be able to read your article.
Read also our article:
Kanker-Darah-Penyebab-Gejala-dan-Pengobatannya
Angina-Pektoris-Gejala-Penyebab-serta-Pengobatannya
Cara-Mengatasi-Penyakit-Asam-Lambung
We are waiting for the latest information

Unknown mengatakan...

Very nice information. I am happy to read it and hopefully useful to me

Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kabupaten Halmahera
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Ternate
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Tidore Kepulauan
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Manokwari Papua Barat

Heni Herbal mengatakan...

Delighted with the site this one because it always gives the latest information thanks .
Cara Ampuh Menyembuhkan Perut Mules Secara Alami
Cara Menghilangkan Amandel Pada Anak Tanpa Operasi
Cara Menyembuhkan Infejsi Vagina Vaginitis
Pengobatan Alami Menyembuhkan Penyakit Jantung Koroner
9 Gejala Kanker Ginjal Dan Tips Perawatannya

Heni Herbal mengatakan...

The spirit for this busy day.
Obat Herbal Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah
Pengobatan Alternatif Kanker Testis Secara Tradisional
Pengobatan Alternatif Tbc Kelenjar Secara Tradisional
Obat Tradisional Penyakit Kienbocks
Cara Mengobati Kista Meduler Secara Alami

Unknown mengatakan...

Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
Good luck !!

obat epilepsi tradisional
obat leukosit tinggi herbal

Unknown mengatakan...

packers and movers Bangalore
packers and movers Gurgaon
packers and movers Pune

Cheapest Packers India mengatakan...

Thank for information visit top most articles list:

Cheapestpackers.co.in
Top 3 Packers and Movers in Delhi
Top 3 Packers and Movers in Noida
Top 3 Packers and Movers in Faridabad
Top 3 Packers and Movers in Ghaziabad
Top 3 Packers and Movers in Gurgaon
Top 3 Packers and Movers in Guwahati

Unknown mengatakan...

The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful
Terimakash..success always everything..salam know

obat kista coklat tradisional
obat darah rendah tradisional ampuh

Heni Herbal mengatakan...

Thank you very much for the presentation of the information you gave this afternoon.
Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Hernia Tanpa Operasi
Cara Alami Mengobati Mata Keratitis
Cara Ampuh Menyembuhkan Emfisema Secara Alami
Ciri Atau Gejala Awal Penyakit Hipertensi
Pengobatan Alami Untuk Menyembuhkan Hemoptisis

Unknown mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan, senang bisa berkunjung dan menyimak artikel luar biasa ini.
Pengobatan Asam lambung
Pengobatan Infeksi Paru paru
Pengobatan Stroke ringan
Pengobatan Kelenjar tiroid
Pengobatan Kista payudara
Pengobatan hepatitis b

away packers and movers mengatakan...

http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-noida.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-ghaziabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-faridabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-thane.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-navi-mumbai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-kolkata.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-guwahati.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chandigarh.html

away packers and movers mengatakan...

Thank for information visit top most articles list for Get Free Best Quotes, Compare to save money and time, household, car and office Shifting Services.
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-bangalore.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-pune.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-mumbai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-hyderabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-gurgaon.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chennai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-delhi.html

Heni Herbal mengatakan...

Is a site that always provides the latest information thanks .
Khasiat Walatra Zedoril 7
Obat Tradisional Nyeri Saat Buang Air Kecil Yang Ampuh
Cara Mengobati Asma Paling Ampuh
Pengobatan Alami Selulitis Orbitalis Yang Efektif
Gamat Emas Kapsul

Heni Herbal mengatakan...

The patient must have all the problems we are going to end well? thank you for all the information of all these.
Obat Walatra Bersih Wanita
Resep Menyembuhkan Sakit Pinggang Tradisional
Cara Mengobati Rubella Secara Alami
Tanda Gejala Rubella Pada Ibu Hamil
Cara Alami Mengobati Demam Chikungunya

Unknown mengatakan...

Many more stress since process packers and movers in Bangalore. world developments single arrange goods requirement’s a or packing, unpacking, loading, unloading and re-arranging approach distance planning streets are worry regarding’s to can safely elegantly smooth list of packer and mover all time services in Bangalore. You can also such as compare this place location which biggest furniture another millions growing a beneficial and able budget perfect and fulfill which wrong carrier of the car transporting and motor vehicles or home shifting and office relocation shifting services in Bangalore. Such as insurance devices with give up heavy able to amount even products aspirations.

http://www.fooglepackers.com/packersmoversbangalore.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoversgurgaon.html

Unknown mengatakan...

Foogle packers and movers as well as process by enlisted by growth a loading, unpacking and unloading process with extra immense care of providing’s top movers and packers in Pune. Timely service and relocation from Pune is another feature trustworthy makes our affordable low cost charges are best services get professed by clients so, If the providing’s extra length by can nearly I have many years’ experience for work my Away online services are process or relocated moving and packing relocation growth of the place in Pune.

http://www.fooglepackers.com/packersmoverspune.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoversdelhi.html

walatraherbal07 mengatakan...

The information you provide on this site so very nice thank you .
Cara Alami Menyembuhkan Pterygium Tanpa Operasi
Cara Mengatasi Buta Warna Dengan Cepat Dan Alami
Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Hipertensi Secara Alami
Tanda Atau Gejala Penyakit Turun Berok
Makanan Yang Bisa Mengatasi Nyeri Otot

Cara Mengobati Secara Alami mengatakan...

semoga bermanfaat ^_^
Cara Mengeluarkan Lendir Di Paru-Paru
Cara Mengobati Hepatitis
Obat Anemia Kurang Darah
Obat Herbal ISPA
Obat Tradisional Infeksi Tulang

Unknown mengatakan...

A great post and I'm happy to be able to read it, hopefully useful and awaited next article.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Pencernaan Sampai Tuntas
Obat Kanker Limfoma Tradisional Paling Ampuh
Cara Ampuh Menyembuhkan Sesak Di Dada Secara Alami
Obat GBS ( Guillain Barre Syndrome ) Paling Ampuh
Khasiat Walatra Hexabumin Untuk Kesehatan Anak

walatraherbal07 mengatakan...

Very nice , useful and also beautiful sites visited today thanks .
Penyebab Penyakit Syaraf Kejepit Di Pinggang
Cara Menyembuhkan Hernia Yang Alami Dan Ampuh
Cara Alami Mengobati Penyumbatan Usus
Cara Mengatasi Radang Otot Tendon Secara Alami
Pengobatan Alami Untuk Menyembuhkan Penyempitan Tulang Belakang

AwaludinUser mengatakan...

nice post friend , Thank you for sharing with us, and we sincerely hope you will continue to update or post other articles
cara untuk menghentikan pendarahan saat haid yang berlebihan,walatra gamat emas kapsul original

walatraherbal07 mengatakan...

Very creative at all in making his post so I was amazed to see it.
Pengobatan Alternatif Asites Secara Tradisional
Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Gondongan
Agen Walatra Sehat Mata
Cara Menghilangkan Lendir Di Paru Paru
Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Unknown mengatakan...

Good Afternoon :-) Great website, I'm glad to be able to visit it. best regards.

Agen Resmi QnC Jelly Gamat Bandung
Obat Penyakit Ginjal Paling Ampuh
Agen Resmi QnC Jelly Gamat di Banyumas
Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Ginjal
Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Paling Ampuh

walatraherbal07 mengatakan...

Keep in mind the information in this article.
7 Ciri-Ciri Gangguan Hati Yang Berbahaya
Obat Alami Untuk Mengobati Borok
Obat Alami Kanker Hati Stadium 4
Walatra Sarang Semut Kapsul
Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Liver

Unknown mengatakan...

The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful

obat tradisional penyakit kuning
makanan untuk kista ginjal
jus buah penderita hepatitis b

Riko JR mengatakan...

I can only express a word of thanks. Because with the content on this blog I can add knowledge I, thank has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health..
khasiat walatra sehat mata
cara mengobati nyeri ulu hati
thank has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health.
cara mengatasi jantung koroner
cara mengobati penyakit dompo

walatraherbal07 mengatakan...

Always love the presentation of the information you present today.
Makanan Pencegah Batuk Berdahak Dan Tidak Berdahak
Obat Cacar Air Pada Orang Dewasa
Penyebab Cedera Tulang Belakang
Obat Patah Tulang

Welcome To My Blog mengatakan...

Thanks for information . I really like your article
http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

Agen Obat Herbal NesV - Obat Keputihan Miss V mengatakan...

thanks for informations
https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

walatraherbal07 mengatakan...

Presentation of information that always inspires visitors.
Obat Gangguan Pencernaan Tradisional
Obat Alami Untuk Demam
Obat Infeksi Saluran Kemih Alami
Makanan Penyebab Diare
Obat Kencing Manis Alami

green mengatakan...

Good luck ,, in waiting for other information from your site
send regards for success

cara mengatasi mata merah
obat gondok beracun
obat tradisional hipertiroid

Eros Rosita mengatakan...

Your page is very good. I like it very much. Hopefully I can cooperate well.

Pantangan Makanan Penyakit Penyakit Gondok

Eros Rosita mengatakan...

Thanks for information

cara mengobati benjolan di payudara secara alami
cara mengobati benjolan di leher secara alami
obat benjolan di leher anak terbukti ampuh

walatraherbal07 mengatakan...

The presentation of information that you present today is very attractive to many visitors.
Makanan Sehat Untuk Penderita Flek Paru-Paru

Rositaaa mengatakan...

Sharing information is beautiful. Thank you for an interesting article discussion

Obat Sakit Kepala Berlebihan
Bahaya Sariawan Berkepanjangan

Lalisa Lisa mengatakan...

It was really a great information thanks for sharing.

cara menyembuhkan benjolan di kantung mata

Rositaaa mengatakan...

Fishing is not just a hobby, but fishing can also eliminate boredom, stress, fatigue from activities and work that accumulates.

Essen Ikan Lele Galatama Jitu

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very interesting

Essen Ikan Lele Galatama Jitu

Rositaaa mengatakan...

Thank you for the information you provided is very helpful, hopefully you can provide other interesting information.

Umpan Ikan Lele Malam Hari Harian dan Galatama

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very useful, hopefully the future posts can be even better.

Essen Ikan Lele Segala Cuaca

Rositaaa mengatakan...

Do you like fishing for catfish? visit our website at:

Essen Ikan Patin Galatama Jitu

Eros Rosita mengatakan...

The article that you created is very helpful. Also visit our website.

Resep Umpan Ikan Bawal Malam Hari

Rositaaa mengatakan...

Like fishing for Tawes? let's visit our website.

Essen Ikan Tawes Di Sungai